JASA BOR PILE STRAUSS

JASA BOR PILE STRAUSS

Gasak Filipina 3-0, Indonesia Tantang Vietnam di Semifinal

TRIBUNNEWS.COM/HERUDDIN
Pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansyah membawa bola dikejar oleh pemain belakang Kamboja saat pertandingan penyisihan SEA Games 26 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2011). Pertandingan ini dimenangkan Indonesia dengan skor 6-0.

BRUNEI, KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia U-21 memastikan satu tiket ke semifinal turnamen Hassanah Bolkiah usai mengalahkan Filipina 3-0 di Sultan Hassanah Bokiah Stadium, Minggu (4/3/2012). Dua dari tiga gol Indonesia dicetak Andik Vermansyah, sisanya dicetak Yoshua Pahabol.

Di semifinal Indonesia akan menghadapi Vietnam yang lebih dulu lolos di Grup B. Sementara itu, lawan Myanmar di semifinal lainnya, baru akan ditentukan pada pertandingan Brunei melawan Timor Leste, Senin (5/3/2012).

Indonesia yang membutuhkan kemenangan agar dapat lolos ke babak selanjutnya, tampil menyerang sejak menit awal pertandingan. Pada menit ke-10, Indonesia mendapat peluang melalui gelandang Miko Ardiansyah. Sayang, tendangan keras Miko dari luar kotak penalti mampu diantisipasi dengan baik kiper Paulo Pascual.

Indonesia akhirnya mampu membuka keunggulan melalui Andik Vermansyah pada menit ke-17. Pemain bertubuh mungil itu mampu memaksimalkan bola liar hasil tendangan bebas Nurmufid Fastaqibul dengan sundulannya yang masuk ke sisi kiri gawang Filipina.

Sepanjang babak pertama Indonesia lebih unggul dan menguasai pertandingan. Kombinasi serangan yang dibangun Andik, Yosua Pahabol, dan Miko berkali-kali mengancam gawang Pascual. Sementara itu, Filipina terlihat hanya mengandalkan serangan balik dalam pertandingan ini.

Pada menit ke-44, Indonesia mendapat hadiah penalti, setelah Andik dijatuhkan pemain belakang Filipina. Andik yang mengambil kesempatan itu, mampu mengecoh kiper Pascual dan mengubah skor menjadi 2-0.

Indonesia kembali mencetak gol pada menit ke-45 melalui Achmad Faris Ardiansyah. Akan tetapi hakim garis menganulir gol tersebut, karena Faris lebih dulu berada di posisi offside. Hingga turun minum, skor 2-0 tidak berubah untuk keunggulan Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Pada menit ke-63, Yoshua Pahabol kembali menambah keunggulan Indonesia menjadi 3-0. Ia berhasil mencetak skor memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Andik yang tidak mampu diantisipasi dengan baik kiper Pascual.

Sepanjang babak kedua, tim asuhan Widodo Cahyono Putro ini terlihat unggul di lini tengah. Sejumlah serangan yang dibangun Andik dan kawan-kawan cukup membuat barisan pertahanan Filipina kewalahan. Filipina yang hanya mengandalkan serangan balik tidak mampu berbuat banyak dalam babak ini.

Lima menit menjelang akhir pertandingan, Indonesia kembali mendapatkan peluang melalui Fadly Manna. Akan tetapi tendangannya mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Filipina. Meski memiliki sejumlah peluang, namun tidak ada satu pun yang mampu dikonversikan untuk menambah gol Indonesia. Skor 3-0 akhirnya bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:
Indonesia: Muhammad Ridwan, Syaiful Indra Cahya, Nurmufid Fastabiqul Khairot, Achmad Faris Ardiansyah Samsul Arifin, Ridwan Awaludin (Ryan 77), Kurniawan , Agus Nova Wiantara, Miko Ardiyanto, Yosua Pahabol, Andik Vermansyah (Fadly Manna 72).

Filipina: Paulo Pascual (Russel Pierson 89), Nestorio Margarse Jr (c), Amani Aguinaldo, Gabriel Borja , Jacques Van Bossche, Joshua Belova, Marvin Janwer, Marwin Janwer , Angelo Verheye Marasigan, Dwight Sendino.

Tambah Like

WHOS.AMUNG.US